Rabu, 28 September 2016

Salahsatu treatment SB/stoneblade/bladderstone:


 Untuk iguana besar 140cm+ biasanya, iguana yang terkena SB dari ukuran juve/remaja iggy kekurangan asupan air dan kurang asupan makanan berupa buah-buahan yg mengandung air, bisa juga karena jarang bergerak/ kurang aktif, dan pola makan yg kurang baik, intinya makan apapun yang iguana suka/makanan iguana tida menjadik jadi masalah, asal asupan mineral/air tetap harus ada. Buah-buahan yg baik itu yg mengandung air.

Pengendapan SB trjadi sekitar bulanan sampai tahunan, hal itu bisa dicegah bila kita merawat iguana kita dengan baik dalam jangka waktu tahunan/ minim 1tahun keatas. Bila terkadang kita melihat pup iggy yg seperti air cairan putih itu salah satu penyebab SB bila mengendap. Kadang kita temukan cairan putih seperti kapur yg lengket / mengendap di kandang dan susah dibersihkan (seperti air seni ular besar) itu hasil dari limbah pencernaan sisa sisa zat besi,tulang yg hancur, fosfor,kalsium yg mengkristal.

Cara treatment igy yg sudah terkena SB :
1. Cukup diredam2 air hangat stiap hari,
2. Berikan diet jus buah dengan cara di spet (pepaya melon dll) bisa dicampurkan VCO 10ml dan bisa juga VCO disepet kedalam mulutnya. Sehari 1x saja.
3. Bila butuh obat tambahan bisa dikasi dulcolax / sejenisnya dengan takaran 1 butir di bagi 3, untuk seminggu 3x pemberian saja. Ada yg memberikan lebih tapi takutnya membuat lemah sistem kerja usus lambung. Biasanya dalam 1 minggu sudah keluar SB/pecahan SB tsb. Dan bisa di ulangi treatment VCO saja untuk kedepannya.

Diusahakan memberikan buah-buahan berair seminggu 1x atau sebulan 2x atau bisa juga dengan memberikan air minum di kandang (terkadang tidak diminum, tapi terkadang iggy minum dari air siraman saat mandi/hujan) bisa juga di spet kemulut sehari 25ml / seminggu 2-3x.

Untuk iggy di ukuran kecil kurang dari 1meter +- tdk usah khawatir karna SB biasnya ada di usia 2th up, kurang lebih ukuran 1meter keatas.

Ukuran besar dan tua : Untuk iggy tua di atas 6th-10th + kadang makannya jarang, itu normal, berikan 2hari sekali mix food, buah+sayur. Usahakan buah yg banyak,karena sistem pencernaan iggy tua tidak sebagus dan secepat iggy muda. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon